| |

Tempat Mistis di Indonesia (Bagian 1)


Beberapa waktu yang lalu, aku buat kuis di Kaskus. Dan aku janji kalau para pemenang review itu, postingannya akan aku masukin ke blog aku. Ini adalah review tempat mistis yang ada di Indonesia. Review ini dibuat dalam rangka kuis yang berhadiah buku aku. Berikut reviewnya.

1. Gunung Tampomas (auraau)

Nah menurut ane tempat paling angker yang pernah ane kunjungin sampe saat ini adalah gunung Tampomas. mungkin banyak yang belum tau dimana itu gunung Tampomas. gunung Tampomas terletak di daerah Sumedang, Jawa Barat. gunung ini juga ga terlalu tinggi makanya ga terlalu terkenal. tapi disini banyak banget mitos mitos dari warga setempat. ceritanya dulu gunung Tampomas adalah kerajaan nenek moyang Padjadjaran, terbukti di puncak gunung ini terdapat makam makan kuno, yang menurut kuncen setempat adalah makam raja dahulu. selain ada makam, banyak juga peninggalan lainnya kaya tempat persembahan, kawah, pecahan semacam pintu gerbang dan batu batuan besar yang katanya dahulu batu batu besar tersebut untuk tempat musyawarah para raja. banyak orang yang datang ke gunung Tampomas untuk ziarah ke makam, naro sesajen, dan kegiatan mistis lainnya. . warga setempat juga mengingatkan kalo di gunung ini gaboleh ngomong sembarangan atau sompral. dan itu kebukti ane ga sengaja ngomong sompral eh setelah itu ane diserang kawanan tawon,lumaayan lah disengat 2 tawon  mulai saat itu ane hati hati kalo ngomong. mitosnya juga masih ada harimau di gunung Tampomas ini 


Tempat Sesajen


Tangga Menuju Makam

Makam
2. Kuburan Gantung di Blitar (maling)


Perkenalan dulu deh, ini adalah makam Eyang Djojodigdo, Patih di Kadipaten Blitar (tahunnya lupa gw  ), kakak dari Bupati Rembang suaminya R.A Kartini, murid Pangeran Diponegoro. Nah beliau ini menurut mitos masyarakat setempat pemilik terakhir dari Ajian Pancasona (buat yg lum tau tanya aja ke mbah google ). Disebut makam gantung karena jasad di makam tsb gak menapak di tanah. Pemilik Aji Pancasona kan kalo menurut mitos jawa gak bisa mati kalo jasad nyentuh tanah. Soalnya nih Eyang pas jaman berontak ke Belanda udah ditembak mati, trus jasad dibuang dan hidup lagi. Beliau meninggal thn 1905 di usia lebih dari 100 thn, karena takut akan hidup lagi jika dimakamkan secara normal, akhirnya oleh keluarga beliau diputuskan untuk membuat makam beliau secara tergantung/tidak menapak di tanah (menurut desas-desus nya, kepala digantung di atas makam berbentuk kerucut, dan jasad nya di bawah  )

Selengkapnya PM ke ane aja untuk lebih lanjut pengen tahu seputar makam ini, ane pernah angkat nih cerita di forum viva 


Lokasi: Jl. Melati No.43 (Pesanggrahan Djojodigdan) - Kota Blitar

Alasan seremnya:
  1. Lokasi, masih original bangunan jadul.
  2. Banyak yg semedi disana supaya dapat ilmu, tapi malah sering liat penampakan sosok Ular dan Macan (Harimau jawa)
  3. Pernah masuk ke tayangan TV, Inside 

Palang Pintu Masuk

Pesanggrahan

Dalam Rumah Eyang

Dalam Rumah Eyang dan Juru Kuncinya

Makam

Makam

Patih Djojodigdan
author

About Author:

"I'm just a weirdo who live between two worlds".
Follow her on Twitter and facebook


Back To Top