| |

Renungan 10 November 2013


"Selamat hari pahlawan!"

"Bangsa yang baik adalah bangsa yg menghargai jasa para pahlawannya."

"Doa untuk pahlawan hari ini"

Banyak ya yang ingat hari pahlawan? Tapi..... Apa yang sudah kita perbuat itu lebih penting daripada sekedar ucapan di sosial media. Pengen dianggap menghargai para pahlawan? Pengen dibilang nasionalis? Talk to my hand! 

Daripada bikin ucapan di sosial media untuk pencitraan, mending masuk kamar, renungi apa yang sudah kamu lakukan untuk menghargai mereka. Apa? Kalo masih mabok tiap malam minggu, ngerokok di tempat yg jelas udah ada tanda larangannya, masih ngamuk kalo macet di jalan, masih ngambek kalo minta ini itu nggak diturutin, masih ngeluh dengan pekerjaan yang nggak habis-habis, PERCUMA! NOL BESAR!

Sadar nggak kamu nggak menghargai badan kamu sendiri ketika kamu mabok dan merokok? Belum lagi kalo asap rokoknya kemana-mana. Udah dikasih kemerdekaan, enak-enak jaman sekarang. Eh malah ngerusak badan sendiri. Kebayang nggak kalo kalian masih harus berjaga-jaga karena tiba-tiba bisa aja perang. Tidur nggak nyenyak karena kamu ada di penjara kecil dan sempit. Buang tuh duit buat beli rokok sama minuman beralkohol! Ngerokok lah di depan anak kecil yg kelaparan karena mereka untuk nyari uang aja susah!

Sadar nggak kamu tidak mensyukuri hidupmu ketika kamu mengutuk macet di jalan? Pernah nggak mikir, karena macet adalah tanda orang semakin banyak yang mampu. Mampu beli kendaraan sendiri, mampu menghidupi dirinya sendiri. Coba kalo masih perang, ada nggak yang bisa bawa BMW di jalanan buat show off? Ada nggak yg bisa geber-geber motor gede yang dicicilin sama orang tuanya? Kalo masih perang yang ada kalian jalan kaki aja was-was, takut ditembak, takut ditangkap sama musuh.

Sadar nggak kalo kalian memaksakan keinginan kalian itu nggak mensyukuri apa yang sudah kamu miliki sekarang? Kenapa nggak mikir lebih simpel? Ah, aku punya satu motor bebek aja sudah cukup untuk bisa berangkat sekolah, aku punya HP harga 1jutaan udah bisa kok buat foto, fb-an, twitteran, denger musik. Daripada terus minta orang tua kalian untuk beli gadget terbaru, hanya karena teman-teman kalian juga punya. Atau minta beliin motor baru karena mau ikut geng motor yang keren itu. Lihat orang yang bahkan rumah aja nggak punya, harus tidur di jalanan, kedinginan, nggak punya selimut ataupun atap yang bisa menghangatkan mereka.

Sadar nggak kalo kalian mengeluhkan pekerjaan yang bertumpuk, kerjaan kalian juga nggak akan selesai? Selama kalian mengeluh, udah berapa banyak waktu yang terbuang? Lihat orang yang nyari kerja siang malam tapi nggak dapat-dapat juga. Lihat kuli bangunan yang panas-panasan kerja dan mereka nggak mengeluh sama sekali. Sementara kalian yang kerja enak di kantor ber-AC, dingin, nggak kepanasan masih aja mengeluh. 

Lihatlah lebih dalam lagi, apa sebenarnya makna Hari Pahlawan buat kita. Lihat juga apa yang sudah kita perbuat untuk negara kita. Yah, at least hidup kita sendiri deh. Apakah kita sudah memanfaatkan kemerdekaan yang para pahlawan sudah perjuangkan dengan baik dan BENAR? 

author

About Author:

"I'm just a weirdo who live between two worlds".
Follow her on Twitter and facebook


Back To Top